Pj Bupati Muba Sambut Kunjungan Rombongan Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri

Apresiasi Kondusifitas Umat Beragama di Muba

 

RIMAUNEWS.CO.ID, Muba – Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi menerima kunjungan Jajaran Direktorat Jendral Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, di Guest House Griya Bumi Serasan Sekate (Rumah Dinas Bupati Muba), Selasa (27/8/2024).

Kunjungan tersebut dipimpin oleh Kasubdit Pembinaan Kerukunan Antarsuku dan Intrasuku Umat Beragama Ras dan Golongan Hartono, bersama Ketua Tim R Hadi Sundari, dari Ditjen Bimas Katolik Plt Kasubdit Penyuluhan Toni HF Pardosi, dan Pembimbing Masyarakat Katolik Kanwil Kemenag Drs Harmadi.

Hartono mengatakan, kunjungannya bersama rombongan ke Bumi Serasan Sekate tersebut merupakan kegiatan rutin dalam rangka pembinaan kerukunan umat beragama di seluruh Indonesia, yang telah menjadi atensi khusus pemerintah atas arahan Presiden Joko Widodo dalam konteks pemeliharaan umat beragama untuk menjamin hak dan kewajiban setiap warga negara dalam berkeyakinan.

Ia menyebutkan akan melanjutkan kunjungan ke Kecamatan Sungai Lilin untuk melakukan peninjauan lapangan terkait akan ada pendirian rumah ibadah umat katolik yang saat ini sedang berproses perizinan.

“Kami berharap nanti dalam proses ini dapat difasilitasi semua pihak yang punya kewenangan termasuk Pak PJ Bupati Muba,” ujarnya.

Disamping itu, Kasubdit Pembinaan Kerukunan Antarsuku dan Intrasuku Umat Beragama Ras dan Golongan memberikan apresiasi, karena kerukunan umat beragama di Kabupaten Muba terjaga dengan baik.

“Provinsi Sumsel mengalami kenaikan gread terkait kerukunan umat beragama yakni dengan presentase 77,00 persen di atas rata-rata nasional yang 76.00 persen. Tentu ini juga atas terciptanya suasana yang kondusif antar umat beragama di Kabupaten Musi Banyuasin,” tandasnya.

Menanggapi hal tersebut Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi menyambut baik kunjungan Jajaran Direktorat Jendral Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri dan berharap akan membawa ritme yang baik terhadap rumah ibadah di Muba baik yang sudah dapat izin maupun belum.

“Secara umum memang kerukunan umat beragama di Muba, sangat kompak, dan saling menghargai serta tetap konsisten menjaga zero konflik. Mudah-mudahan kedepannya akan lebih kondusif lagi, terlebih kita bakal mengikuti pemilihan kepala daerah di November nanti,” pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya, Kepala Kesbangpol Muba Joni Martohonan AP MM, Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Drs M Thabrani Rizki, Kabag Kesra Setda Muba H Opi Pahlopi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Muba Herryandi Sinulingga AP diwakili Kabid Komunikasi Publik Kartiko Buwono SE MM, Kasi Binmas Kemenag Muba H Muflikul Hasan, dan dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Muba Drs H Ahmad Yani MM. (ril)