Semarak Karnaval Budaya: Palembang Bersinar di JKPI Banjarmasin!

RIMAUNEWS.CO.ID, Banjarmasin – Pemerintah Kota Palembang mengikuti karnaval budaya Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) di Kota Banjarmasin, Jumat (20/9/2024) malam.

Kegiatan yang dipusatkan di Jalan Lambung Mangkurat, ini diikuti 18 kabupaten/kota di Indonesia.

Yakni Banjarmasin sebagai tuan rumah, Semarang, Palembang, Muna, Siak, Buton Selatan, Pontianak, Singkawang, Sumbawa, Ternate, Ambon, Salatiga, Blitar, Langsa, Bau-Bau, Buton Utara, Yogyakarta, Pekalongan.

Peserta secara resmi dilepas oleh Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman, sekitar pukul 19.00 WITA.

Setelah pelepasan, peserta secara tertib dan rapi, dengan pakaian khas daerah masing-masing, berjalan menyusuri rute yang ditetapkan panitia.

Yakni dari titik start di Patung Bekantan – Jembatan Merdeka dan finish di Lambung Mangkurat dekat Kantor Pos Banjarmasin.

Kontingen karnaval Palembang tampak anggun dan gagah dengan memakai pakaian adat. Di barisan depan kontingen tampak Sekda Aprizal Hasyim, Kadin Kebudayaan Affan Prapanca, diapit Bujang Gadis dan Cek Agus Cek Ayu Palembang.

Di belakangnya para kepala OPD dan camat, ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan Palembang.

Masyarakat sekitar tampak antusias. Di sepanjang jalan yang dilalui kontingen mereka mengabadikan dengan ponsel. Ada juga yang berselfie ria.

“Palembang… Palembang..,” teriak beberapa warga Banjarmasin.

“Mano pempek Palembang!” sebagian warga menyahut.

Penjabat (Pj) Wali Kota Palembang Ucok Abdulrauf Damenta beserta istri tampak hadir di panggung kehormatan dan menyambut kontingen Palembang. Damenta lantas mengabadikan kontingen dengan ponselnya.

Setelah itu, kontingen Palembang, Pj Wako dan beserta Wali Kota Banjarmasin beserta tamu undangan, berfoto bersama. (ril)