Kiat Sukses Masa Depan, Pentingnya Soft Skill dan Etika di Era Digital

RIMAUNEWS.CO.ID, Palembang – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Palembang, Adrianus Amri, memberikan wejangan kepada ratusan pelajar di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 37 Palembang mengenai kiat-kiat menuju masa depan yang sukses.

Pesan ini disampaikan oleh pria yang akrab disapa Amri saat menjadi pembina upacara di SMPN 37 Palembang pada Senin (30/09/2024). Dalam pidatonya, Amri mengajak para siswa untuk meningkatkan kemauan dan kemampuan dalam belajar guna mencapai masa depan yang gemilang. “Selain hard skill, kita juga harus meningkatkan soft skill, yaitu adab dan etika,” ujarnya.

Amri menambahkan bahwa di era digitalisasi saat ini, pengembangan hard skill sangat penting untuk mengikuti perkembangan zaman. Namun, ia menekankan pentingnya keseimbangan antara ilmu pengetahuan dan adab. “Adab dan etika itu penting. Harus seimbang antara ilmu dan adab,” lanjutnya.

Selain itu, Amri mengajak siswa SMPN 37 Palembang untuk membiasakan diri bersikap jujur, disiplin, dan memiliki semangat dalam belajar. “Selain itu, dibutuhkan usaha lain, seperti mengikuti belajar tambahan di luar,” tuturnya.

Di akhir pidatonya, Amri berpesan agar para pelajar memanfaatkan teknologi yang ada untuk menunjang proses pembelajaran. “Berhenti bermain game. Gunakan gadget untuk menambah ilmu pengetahuan,” tegasnya. (ril)