Pj Wali Kota Pangkalpinang Serahkan Bantuan Saprodi ke Kelompok Tani Mekar Asih, Siapkan Anggaran 500 Juta untuk Pupuk Non Subsidi

RIMAUNEWS.CO.ID, Pangkalpinang – Penjabat (Pj) Walikota bersama Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang menyerahkan bantuan Satuan Produksi Pertanian (Saprodi) terhadap 5 Kelompok Tani (Poktan) Mekar Asih di Tua Tunu Indah, Kecamatan Gerunggang, Senin, (14/10/2024).

Pj Walikota Pangkalpinang Budi Utama ungkapkan pemberian bantuan tersebut kepada petani berupa bahan produksi pertanian yakni cabai.

“InshaAllah kita targetkan 3 bulan cabai ini bisa tumbuh, tadi saya beri motivasi jika sudah panen nantinya bisa jual untuk tambah lagi jangan segitu-segitu saja,” kata Pj Walikota.

Lebih lanjut, Budi Utama berupaya kedepannya membantu pupuk non subsidi.

“Selama ini petani kan dapat pupuk subsidi dari pusat dan pemerintah kota harus hadir membantu para petani untuk pupuk non subsidi,” ungkapnya.

Budi Utama menambahkan, dari 3.000 petani yang ada. Dirinya meminta untuk lebih di data lagi petani-petani yang masih aktif.

“Nanti tahun depan, untuk pertama kali akan dianggarkan 500 juta biar silang misal Januari pakai subsidi, bulan selanjutnya pakai non subsidi,” lanjut Budi Utama.

Budi Utama mengharapkan jika sudah dianggarkan 500 juta, petani bisa membentuk koperasi dan dapat memproduksi pupuk sendiri untuk diperjual belikan.

“Ya itu untuk mereka-mereka, jadi uangnya kan bisa muter di situ dan untuk kesejahteraan petani itu sendiri,” ucapnya.

Budi Utama berharap adanya bantuan ini petani tetap bersemangat dan mau belajar.

“Disini sudah ada penyuluh yang siap membina para petani kapanpun,” tutupnya. (Ril)