Dengan Respons 100 Persen, Muara Enim Tunjukkan Kinerja Terbaik SP4N-LAPOR di Sumsel Hingga September 2025

RIMAUNEWS.CO.ID, Muba – Layanan penyampaian aspirasi dan pengaduan online rakyat, SP4N-LAPOR!, terbukti memberikan kontribusi positif dalam mewujudkan pelayanan publik yang profesional dan responsif di Bumi Serasan Sekundang.

Berdasarkan data Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Sumatera Selatan, kinerja SP4N-LAPOR di Kabupaten Muara Enim menjadi salah satu yang terbaik di tingkat provinsi dengan angka penanganan mencapai 100 persen.

Hal ini terungkap dalam Rakor dan Bimtek Pengelolaan Pengaduan SP4N-LAPOR Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan yang dibuka langsung oleh Bupati Muara Enim, H. Edison, S.H., M.Hum., di Balai Agung Serasan Sekundang (BASS), Kamis (18/9/2025).

Kepala Diskominfo Provinsi Sumsel, Rika Efianti, S.E., M.M., mengapresiasi respons cepat Pemkab Muara Enim dalam menindaklanjuti laporan masyarakat. Sejak terhubung dengan kanal LAPOR! pada 2018 hingga 16 September 2025, tercatat 714 laporan telah masuk dengan beragam kategori, mulai dari penyampaian aspirasi, pengaduan pelayanan publik, hingga permintaan informasi.

Bupati Muara Enim menegaskan, setiap laporan masyarakat ditindaklanjuti secara responsif dan tepat waktu sebagai bukti komitmen pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan. “Pengaduan dan aspirasi masyarakat merupakan wujud partisipasi dalam pembangunan. Pemerintah harus hadir menampung dan menindaklanjuti setiap laporan secara profesional,” tegasnya.

Ia juga berkomitmen mendorong partisipasi dan akuntabilitas masyarakat dalam mengawasi pelayanan publik agar kualitas layanan terus meningkat. (*)