Alex Sarankan Palembang Harus Segera PSBB

RIMAUNEWS, PALEMBANG – Kota Palembang akan segera melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada H+2 mengingat jumlah warga yang positif covid makin bertambah.

Menanggapi hal tersebut, Alex Noerdin mengatakan, untuk PSBB itu seharusnya segera dilakukan, karena untuk mengatasi penyakit menular ini, kecepatan awal itu dari tindakan yang menentukan, kita sudah telat dari bulan Januari.

Mantan Gubernur dua periode ini mengatakan, semestinya kalau mau mengajukan PSBB ke kementarian kesehatan, pemerintah kota Palembang itu seharusnya sudah siap payung hukumnya, perwalinya, sosialisasinya siap, begitu kemenkes menyetujui PSBB semuanya sudah siap.

“Saya bicara ini sebagai masyarakat. Nanti tidak terkendali, kalau tidak terkendali RSMH dan Rumah Sakit lainya tidak sanggup lagi, pasti akan rontok infrastruktur kesehatan kita. Segera berlakukan PSBB sekarang,”ucap Alex.minggu ( 17/05/2020)

Ia menambahkan, memang susah semua kita ketika PSBB diberlakukan, toko-toko tutup, tapi itu kalau mau benar-benar untuk berantas wabah ini.

“Kalau mau lakukan PSBB itu harus siap payung hukumnya, perwalinya, kesiapan masyarakat, sosialisasi perlu sosialisasi, toko yang boleh buka itu, hanya toko bahan pangan itu saja, yang lain tutup sama sekali, tidak boleh keluar tanpa alasan,”tegas Alex.

Untuk PSBB, kata Alex, ini memerlukan begitu banyak pengamanan TNI/ Polri artinya konsekuensi biaya. “Kewajiban pemerintah provinsi itu membantu kabupaten-kota yang tidak cukup biayanya, provinsi harus membantu yang finansialnya lemah.”

Tiga hal ini, kata Alex, payung hukum, kesiapan masyarakat, kesiapan dana. “Kalau tiga ini belum siap maka mundur mundur, akibatnya tidak terkendali lagi,”ungkap Alex.(Don)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *