Buka Semarak UMKM Sriwijaya 2024, Pj Gubernur Dorong Pengembangan UMKM Sumsel ke Kancah Internasional.

RIMAUNEWS.CO.ID, Palembang – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan  (Sumsel( Elen Setiadi S.H.,M.S.E didampingi Pj Ketua Dekranasda Provinsi Sumsel Melza Elen Setiadi secara resmi membuka Semarak UMKM Sriwijaya 2024 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Sumsel, di Atrium Palembang Indah Mal (PIM), Jumat (25/10/2024) sore.

Pj Elen Setiadi mengapresiasi langkah tersebut karena nilainya mampu mendorong pengembangan UMKM Sumsel tak hanya ke kancah nasional namun juga internasional.

“Prinsipnya kita semua harus mendukung pengembangan UMKM di Sumsel. Sriwijaya adalah kerajaan besar yang begitu luas. Potensi yang kita miliki sangat besar untuk mendorong UMKM kita ke kelas internasional,” ujar elen saat memberikan sambutan.

Untuk mendorong pengembangan UMKM itu kata Elen diperlukan inovasi dan penyelenggaraan kegiatan seperti hari ini (semarak UMKM Sriwijaya) berkelanjutan. Termasuk juga pembinaan talenta-talenta muda berbakat di bidang desain, seperti pemenang lomba mendesain batik Palembang.

“Jangan berhenti karena ini adalah awal bagaimana kita mendorong masyarakat untuk semakin kreatif dan inovatif. Talenta bisa dari mana saja bahkan anak sekolah maupun mahasiswa. Mereka ini yang harus kita bina,” tambah Elen.

Elen jug mengapresiasi bazar dan pameran produk UMKM ini untuk dapat mendorong perkembangan UMKM Sumatera Selatan menuju pertumbuhan ekonomi hijau dan berkelanjutan.

Lebih jauh Elen mengatakan, kegiatan ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi pelaku UMKM di Sumatera Selatan terutama UMKM binaan Bank Indonesia, untuk memasarkan produk terbaiknya, agar dapat dikenal tidak hanya di Sumatera Selatan tetapi juga sampai ke tingkat nasional bahkan sampai ke manca negara.

Kegiatan ini adalah wujud kepedulian Bank Indonesia kepada pelaku UMKM, terutama bagi UMKM binaan Bank Indonesia untuk dapat didorong menjadi UMKM naik kelas. Kegiatan ini menunjukkan bahwa Bank Indonesia terus berkontribusi positif bagi pembangunan ekonomi masyarakat.

“Pada kegiatan ini, kita mengharapkan terjalinnya kolaborasi antara Bank Indonesia dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, untuk mendorong perekonomian daerah melalui UMKM, yang menghadirkan para pelaku UMKM binaan Bank Indonesia dari wilayah Sumatera Selatan untuk dapat berkarya lebih maju,” paparnya.

Selaku pemerintah dan juga sebagai pembina UMKM, Elen mengatakan ingin menyampaikan ucapan selamat kepada para pelaku UMKM yang terpilih dalam kegiatan semarak UMKM 2024 ini, seraya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Perwakilan Bank Indonesia di Sumatera Selatan yang sudah berkomitmen untuk mendukung perkembangan UMKM.

“Pada kesempatan ini, saya ingin mengajak seluruh masyarakat Sumatera Selatan untuk terus mendukung dan membeli produk-produk UMKM Sumatera Selatan. Dengan mendukung dan membeli produk UMKM dari provinsi kita tercinta ini, maka kita tidak hanya membantu para pengusaha kecil untuk bertahan dan berkembang, tetapi juga memperkuat perekonomian lokal serta melestarikan kekayaan budaya dan tradisi Sumatera Selatan,” imbuhnya.

Elen juga mengungkapkan  harapannya agar kegiatan semarak UMKM Sriwijaya ini dapat memberikan peluang bagi para pelaku UMKM untuk lebih berkembang, inovatif dan kreatif karena disini tempat bertemunya para pelaku usaha dengan berbagai produk unggulannya untuk dipromosikan.

Kegiatan semarak UMKM Sriwijaya 2024 ini dapat dijadikan ajang tukar menukar ilmu pengetahuan, menambah wawasan kreativitas bahkan terjalinnya kemitraan antara pelaku UMKM serta memacu semangat para pelaku UMKM agar dapat menghasilkan produk yang lebih baik dengan sentuhan kreativitas yang tinggi.

“Kita harapkan dengan adanya kegiatan ini, dapat memperluas jaringan kerja sama para pelaku UMKM binaan Bank Indonesia sehingga dapat bersaing tidak hanya di wilayah Sumatera Selatan saja, tapi dapat dikenal secara nasional bahkan dapat bersaing di pasar global,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumsel, Ricky P. Gozali bahwa kegiatan Semarak UMKM Sriwijaya merupakan agenda tahunan BI dalam rangka mendorong UMKM Sumsel  dari berbagai bidang baik itu pangan, fashion, hingga kerajinan dan  kuliner untuk dapat terus berkembang melalui inovasi, peningkatan kapasitas, penguatan akses pasar, pembiayaan dan ekspor sehingga menumbuhkan daya saing UMKM Sumsel.

“Hal ini juga menjadi komitmen BI dalam upaya pengembangan UMKM hijau dan berkelanjutan,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut ditampilkan fashion show kain wastra Sumsel, penyerahan hadiah pemenang lomba desain batik Sumsel, serta simbolis penyerahan bantuan sarana dan prasarana produksi penunjang ketahanan pangan dan komoditas unggulan Sumsel.

Hadir dalam kesempatan tersebut Asisten II Pemprov Sumsel Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Ir. Basyaruddin Akhmad, M.Sc, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Sumsel Dra. Hj. Neng Muhaiba, MM dan sejumlah kepala OPD lainnya. (ril)