Film “Tepatilah Janji”, KPU Sumsel Ajak Mahasiswa Jadi Pemilih Cerdas Menjelang Pilkada 2024

RIMAUNEWS.CO.ID, Palembang – KPU Sumatera Selatan (Sumsel) berkerja UIN Raden Palembang menggelar acara nonton bareng (Nobar)  Film “Tepatilah Janji“ , Selasa (22/10) di  rung auditorium  Lantai 4, Gedung Rektorat UIN  Raden Fatah Palembang, Kampus , Jakabaring , Palembang.

Acara ini diikuti mahasiswa dan mahasiswi UIN Raden Fatah Palembang dan mahasiswa kampus diluar UIN Raden Fatah Palembang, dan civitas akademika UIN Raden Fatah Palembang.

Menurut  Anggota KPU Sumsel Divisi Hukum dan  Pengawasan, Nurul Mubarok Nonton bareng ini untuk memberikan edukasi kepada pemilih pemula  ataupun pemilih Gen Z atau pemilih milenial  untuk menjadi pemilih yang cerdas.

“Saya yakin di mahasiswa ini tidak  ada film inipun sudah memiliki  penilaian dan filter sendiri  dalam memilih pemimpin , tapi KPU Sumsel ingin mengajak kembali mengingat  betapa penting memilih pemimpin   dalam tahun 2024,” katanya.

Apalagi dia melihat mahasiswa adalah agen perubahan dan dengan film ini memberikan khazanah tambahan dalam memilih pemimpin kedepannya.

“Film ini  adalah film kedua yang dibuat KPU RI  , intinya film ini terkait  realitas kehidupan kita sehari-hari , bagaimana pemilihan kepala desa , visi dan misi kepala desa , ya rutinitas pemilihan di sekeliling kita, bahwa sejatinya pemilu, pilkada ataupun Pilpres tidak jauh realitasnya terkait pemilihan di RT, pemilihan di kepala desa, tidak jauh dari itu, hanya cakupannya adalah mikro, setidaknya pemilihan yang di ceritakan dalam film  ini yang bisa dinalar kawan kawan milenial  atau anak muda, dibuatlah film ini seolah-olah tentang  realita kehidupan politik setiap hari kita,” katanya.

Dan diakhir film menurutnya akan ada sejumlah kuis-kuis  berhadiah yang sudah di siapkan oleh KPU Sumsel.

Sedangkan Wakil Dekan III  FISIP UIN Raden Fatah Palembang Eraskaita Ginting, M. I. Kom menilai Film ini merupakan film edukasi pada pemilih pemula  untuk memilih dengan tepat untuk Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur, Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota dan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati.

“Itu diharapkan dari partisipasi mahasiswa tentunya  mahasiswa sebagai pemilih pemula untuk  memilik hak mereka dengan tepat dan memilih pemimpin Sumsel yang amanah dan bertanggungjawab,” katanya.

Apalagi dia menilai film ini sangat cocok dan sesuai sehingga diharapkan bisa memilih pemimpin yang amanah , bertanggungjawab bagi kemajuan khususnya Sumsel dan seluruh Indonesia. (*)