FORSUMA Siap Jaga Keutuhan NKRI

RIMAUNEWS, PALEMBANG- Indonesia adalah negeri yang penuh keberagaman, baik Suku, Budaya dan Agama. Pemuda penerus bangsa harus menjaga keutuhan NKRI dalam bingkai Bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Diketahui bersama berlakangan terakhir marak terjadi teror yang kemungkinan akan menjurus kepada isu SARA yang kemungkinan akan berdampak pada Perpecahan Bangsa oleh karna itu Forum Suara Mahasiswa (FORSUMA) berinisiatif untuk menggaungkan kembali “SIMPOSIUM KERUKUNAN MAHASISWA NKRI dengan tema, “Mencintai Perbedaan, Merawat Keberagaman dalam Bingkai BHINNEKA TUNGGAL IKA” yang dilaksanakan pada Sabtu, 10 April 2021 di Aula Demokrasi KPU Kota Palembang.

Simposium Kerukunan Mahasiswa NKRI dihadiri Rektor UIBA Palembang, Dr. Tarech Rasyid, M. Si, Dir Intelkam Polda Sumsel Kombes. Pol. Ratno Kuncoro, S.I.K, M.Si. Kemudian Wakil Ketua FKUB Sumsel Dr H Saefudin Latief, S.Ag, M.Si, The Guardian of Democracy Munawwaroh, S.Sos., M.E dan Rudi Pangaribuan, S.IP (Social Control).

Pemantik Speaker M Amir Iskandar (Ketua EK LMND Palembang), I Wayan Sugita (Ketua PC KMHDI), Ilham Ali Akbar (Ketua PC PMII), Eko Wahyudi (Ketua PC SEMMI), Efran Hutapea (Ketua DPC GAMKI), Margaretha Ayu Pramadira (Sekjen PMKRI Cabang).

Dir Intelkam POLDA SUMSEL Kombes. Pol. Ratno Kuncoro, S.I.K, M.Si mengatakan, pihaknya diundang dalam kegiatan ini untuk memberikan materi.

“Kita mengapresiasi acara ini, untuk menumbuhkan kembali kesadaran bahwa Ke Bhinekaan, itu suatu hal yang harus kita jaga bersama. Jangan sampai perbedaan menjadi permasalahan yang dipolitisir berbagai pihak yang tidak ingin Indonesia maju. Untuk bisa maju, kita harus bersama sama menjaga persatuan, ” ujarnya.

Jelansya, Indonesia punya banyak potensi yang luar biasa. “Oleh sebab itu, kita harus kembangkan sikap toleransi, kita jauhi sikap radikal. Mudah mudahan Indonesia terus maju, apalagi dalam situasi covid ini perlu sinergisitas berbagai elemen bangsa, ” katanya.

Menurutnya, pemuda merupakan sosok idealis yang memiliki semangat yang luar biasa. Sehingga pemuda bisa melakukan sikap positif seperti menggunakan media sosial untuk hal hal yang positif dengan menyebarkan hal hal yang baik, mengajak masyarakat menjauhi hal yang menghambat pembangunan.

“Kita minta pemuda memanfaatkan kolaborasi dengan Pemerintah daerah, Kepolisian, dan TNI. Kami Polri membuka diri, hal hal yang bisa dikomunikasikan antara Polri dan pemuda, karena setiap aktivitas perlu dukungan dari berbagai pihak, ” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua FKUB Sumsel Dr H Saefudin Latief, S.Ag, M.Si menuturkan, pihaknya menyambut baik kegiatan simposiun ini. Kegiatan seperti ini harus terus disinergikan suara kerukunan bukan hanya dikalangan senior saja, tapi juga di kalangan pemuda dan mahasiswa harus memberikan kontribusi.

“Simposium ini posutif, wadah pemuda lintas agama. Bicara kedepan setelah ini, kita dorong mereka melakukan aksi konkrit untuk memperluas kerukunan ini. “Mereka harus berperan aktif. Bila perlu dikukuhkan organisasi kepemudaan lintas agama. Di senior ada FKUB, ditataran pemuda bagusnya ada juga wadahnya,” ulasnya.

Saefudin mengungkapkan, sejuh ini sinergisitas mahasiswa, pemuda dan FKUB sudah berjalan dengan baik.

“Tapi di kepemudaan belum ada kelembagaan formalnya. Jadi berjalan masing masing. Kalau di FKUB itu kan sudah terstruktur sampai ke kabupaten dan kota. Bagus sekali, jika organisasi kepemudaan lintas agama dikukuhkan,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Rektor UIBA Palembang, Dr. Tarech Rasyid menuturkan, simposium kerukunan mahasiswa ini muncuk karena ada kegelisahan mahasiswa atas realitas politik dan budaya.

“Banyak fenomena fenomena yang muncul, sehingga bagaimana kita menjaga keberagaman ini untuk diikat dalam persatuan Bhineka Tunggal Ika,” bebernya.

Lebih lanjut dia menuturkan, ada banyak cara untuk menjaga persatuan, diantaranya membangun dialog dialog seperti ini.

“Elemen mahasiswa kan banyak. Kita ingin mahasiswa juga ikut membangun Republik ini secara bersama sama ditengah perbedaan agama, suku, ras, kulit dan lainnya, ” tutupnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *