Insya Allah Besok 1 Ramadhan 1441 H, Awal Puasa Ramadhan

RIMAUNEWS. PALEMBANG | Meski hilal tidak dapat dirukyat di Provinsi Sumatera Selatan. Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwilmenag) Sumsel memperkirakan 1 Muharram 1441 H diperkirakan jatuh pada Hari Jumat, 23 April 2020.

Kakanwil Kemenag Sumsel, M. Alfajri Zabidi mengatakan, hilal tidak dapat dirukyat di Palembang. Namun berdasarkan perhitungan atau hisab, hilal sudah ada pada ketinggian 3 derajat 45 menit 40 detik di atas Ufuk Mar’i. Azimut matahari terbenam 12 derajat 43 menit 58 detik di Utara titik Barat dan Azimut bulan terbenam 10 derajat 29 menit 55 detik di Utara titik Barat.

“Intinya, hilal sudah di atas 2 derajat maka tanggal 1 Ramadan 1441 H diperkirakan jatuh hari Jumat, 24 April 2020 besok. Namun kita masih menunggu hasil sidang isbat yang dilaksanakan setelah shalat maghrib malam ini di Jakarta dengan dipimpin langsung Menteri Agama,” tegasnya, Kamis (23/4/2020).

Terkait hasil kegiatan rukyatul hilal, Fajri menambahkan, bahwa tepat pukul 18:00:51 WIB saat terbenamnya matahari di Palembang, pihaknya melakukan rukyatul hilal. Hasilnya disampaikan langsung kepada Kemenag RI melalui Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah guna menjadi bahan pada sidang isbat di Jakarta.

“Seluruh Kanwil Kemenag se-Indonesia diinstruksikan tetap melaksanakan rukyatul hilal sebagai dasar pengambilan keputusan dalam pelaksanaan sidang isbat yang nantinya dilakukan Kementerian Agama. Namun teknisnya agak berbeda. Jika tahun lalu, siapa saja boleh menyaksikan atau mengikuti kegiatan rukyatul hilal, namun tahun ini rukyatul hilal dilakukan Kanwil Kemenag bersama Pengadilan Agama/Mahkamah Syariah, instansi terkait, ormas Islam, dan tokoh masyarakat dengan dibatasi maksimal 10 orang serta menyesuaikan dengan prosedur protokol kesehatan dan senantiasa menjaga jarak (physical distancing),” imbuhnya.(Aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *