Jika Wabah Corona Hingga Juli, Pilkada Serentak Bisa Batal

RIMAUNEWS, PALEMBANG I Ancaman corona virus disease 19 atau covid-19 juga mengancam agenda pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak yang diadakan tahun 2020.

Hal tersebut langsung dikatakan oleh Ketua DPD PDI Perjuangan Giri Ramanda Kiemas, di Kantor DPD PDIP, Senin (23/03).

“Bakal tertundanya Pilkada 2020 di Sumsel karena covid 19, kita belum mendapat peraturan dari KPU Sumsel, malahan kita sudah mendapat peraturan dari KPU pusat,”jelas dia.

“Dijelaskan tahapannya ditunda untuk pelatihan, rekrutmen bagi yang belum dilaksanakan ditunda dahulu tapi belum disebutkan untuk ditundanya Pemilunya, hanya tahapan saja,”kata Giri.

Sekarang ini terkait UUD pemilu, harap Giri, kalau memang situasi makin buruk (wabah covid – 19), aturannya juga pilkada juga harus ditunda, ini yang kita tunggu situasi dan kondisi penyebaran virusnya sampai mana.

“Bargaining waktunya kan sampai disini, kalau selama satu bulan artinya bulan April sudah mereda tidak lagi virus, di bulan Desember pilkada sudah bisa berjalan, kalau terjadi hal yang tidak diinginkan terjadi pandemi, lockdown ini dampaknya bisa tiga bulanan. Artinya April, Mei, Juni, Juli baru bisa normal,”katanya.

Ia menambahkan, kalau bulan Juli baru normal tidak mungkin dilaksanakan pada bulan Desember. “Ini juga yang mungkin harus disikapi oleh KPU dan juga nanti berkoordinasi dgn DPR RI sebagai yang mengatur UUD,”jelasnya.

Kemudian, sambungnya, nanti dengan presiden apakah harus keluar peraturan pengganti UUD mengatasi masalah ini agar pembahasanya tidak bertele-tele di DPR.

“Ini mungkin hal yg kita lihat terkait corona dan pemilu, semua tergantung kondisi, kami sebagai peserta pemilu yg mendaftarkan kader kita akan mengikuti situasi dan kita juga sadar, tidak mungkin kami kampanye mengumpulkan orang banyak di saat kondisi seperti ini, ini yg kita khawatirkan juga bahwa dengan ada pemilu malah penyebaran virus ini cepat terjadi,”ungkap Giri.

“Kita dapat perintah langsung dari Sekjen PDIP adalah untuk menunda dahulu acara yang berkaitan dengan mengumpulkan masa, kita sekarang fokus untuk membantu pemerintah dalam mengatasi virus corona ini kita sedang menyiapin langkah-langkah apa yang bisa kami bantu sebagai partai politik untuk Sumsel,”jelasnya.( Ram)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *