Lafran Pane Ramaikan Silaturahmi Akbar 1000 Alumni HMI

RIMAUNEWS, Lubuklinggau – Menuju kegiatan silaturahmi Akbar dan Nobar Lafran Pane, Panitia terus memberikan bukti nyata untuk persiapan acara ini agar sukses dan menjadi baromoter bagi daerah lain.

Panitia silaturahmi Akbar 1.000 Alumni HMI sekaligus nobar Lafran Pane yang diinisiasi oleh Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MD KAHMI) Musi Rawas, Lubuklinggau dan Muratara terus mengadakan persiapan, kegiatan rencana pada tanggal 20 Juli 2024.

Kegiatan ini diperuntukkan bagi seluruh alumni HMI lintas cabang dan lintas generasi yang berada di wilayah Musi Rawas, Lubuklinggau dan Musirawas Utara (MLM).

Ketua pelaksana Deni Novriansyah mengatakan atmosfer semangat berhimpun para alumni sungguh sangat kental dibuktikan dengan telah terdatanya 518 orang Alumni HMI sejak kepanitian dibentuk sampai tanggal 29 Mei 2024 Pukul 15.07 WIB.

Beberapa tokoh alumni HMI telah memberikan dukungan moril terhadap kegiatan ini, diantaranya adalah Tokoh muda progresif mantan Ketua PB HMI Kanda Fauzi Amro, Pj Wali Kota Trisko Defriyansa, ada juga Ketua DPRD Kota Lubuklinggau H Rodi Wijaya,terus ada Kanda Mulyanto selaku Ketua KAHMI pertama Musi Rawas (pada saat itu belum terjadi pemekaran wilayah) serta Sekretaris KAHMI pada masanya kanda Susyanto Tunut.

Silaturahmi Akbar Kahmi “1000 Alumni HMI” memiliki tema “Dengan semangat berhimpun memanggil alumni untuk bersilaturahmi dan bernostalgia”. Ujar Deni yang juga kaukus Alumni Bengkulu.

Kegiatan silaturahmi akan dibalut oleh nuansa kebersamaan dengan melepaskan atribut keseharian. Setiap alumni nanti dapat bertemu, bercengkrama, berbagi informasi serta mengenang romantisme dan bernostalgia bersama.

Selain itu para alumni akan melaksanakan nonton bareng film Lafran Pane yang juga Tokoh Nasional pendiri HMI dengan tagline “Lillahi Ta’ala Untuk Indonesia. Prof.Drs. Lafran Pane dikenal sebagai pendiri sekaligus ketua pertama organisasi mahasiswa bernama Himpunan Mahasiswa Islam atau HMI. Lafran Pane mendirikan HMI pada 5 Februari 1947 dan menjadi pahlawan nasional pada 2017 berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 115/TK/TAHUN 2017 tanggal 6 November 2017 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional.

Selain sibuk berorganisasi, Lafran Pane juga meninggalkan 9 buku dan karya ilmiah. Lafran Pane juga ikut mendirikan PERSAMI (Persatuan Sarjana Muslim Indonesia) pada tahun 1964.

Pemikiran Lafran Pane tertuang dalam tulisan-tulisan Lafran Pane, dan pengaruh pemikirannya dibuktikan dengan mendirikan HMI.

Untuk memeriahkan acara juga nanti akan menampilkan bazar UMKM serta diringi dengan acara doorprize. Untuk memperkuat ukhuwah sesama alumni serta agar tujuan kegiatan lebih maksimal maka Kanda Susyanto Tunut dan Yunda Masnun selaku sesepuh alumni HMI menyarankan agar setiap kaukus melakukan pertemuan pendahuluan.

Misalnya pertemuan setiap pengurus HMI Cabang Lubuklinggau dari masa ke masa, pertemuan kaukus Palembang, kaukus Bengkulu, kaukus Jogjakarta, kaukus Jambi, kaukus Jobedetabek, kaukus Jabar, kaukus Padang, dan seterusnya

Tujuan kegiatan ini adalah merangkul semua potensi alumni HMI yang berserakan sekaligus ajang silaturahmi mengenang romantisme semasa mahasiswa dulu sebagai aktivis HMI.ungkap Deni

Ditempat yang sama Agus Maryanto kaukus Alumni Lubuklinggau yang juga Sekretaris pelaksana kegiatan mengatakan sejauh ini persiapan terus kita lakukan baik itu data base alumni HMI yang ada atau tinggal bekerja di Mura, Lubuklinggau dan Muratara.

Terus kita akan persiapkan segala sesuatunya yang menyangkut pada acara silaturahmi akbar dan nobar Lafran Pane.

“Kita akan mengundang semua alumni HMI yang ada di tiga daerah, berbagai profesi, politik, pengusaha, birokrat,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini mari kita menyatukan kerinduan kita bertemu dalam suka cinta melebur dalam asahan ingin bertemu antara senior dengan junior, antara kenangan dan harapan bersama kita bertemu silaturahmi alumni HMI, berbagai gugus berbagai tingkatan.

Ayo kita melepas kerinduan dimasa mahasiswa dulu untuk bersilaturahmi dalam acara silaturahmi akbar sekaligus nobar ayahanda Lafran Pane.

Wadah ini adalah wadah KAHMI kita semua, milik kita membangun asa menyambung silaturahmi menyatukan tekad untuk terus menjalankan misi HMI.

Ayo kita tonton filmnya, ayo kita hadiri silaturaHMInya, ayo kita rengkuh bersama, kita ingat bersama kita ingatkan kenangan kita ketika berHMI.

Agus juga menegaskan kegiatan silaturahmi ini sama sekali tidak ada near politik,aspek politik menjelang pilkada di tiga daerah Musi Rawas, Lubuklinggau dan Muratara.

“Kegiatan ini murni temu kangen antar lintas generasi untuk menguatkan sesama alumni HMI dalam wadah organisasi KAHMI, yakin usaha sampai,” tutup Agus. (mil)