Operasi Patuh Musi 2024, Pengendara Motor Dominasi Pelanggaran

RIMAUNEWS, Lahat – Satlantas Polres Lahat menggelar Operasi Patuh Musi 2024, dengan fokus utama pada penertiban pelanggaran lalu lintas yang didominasi oleh pengendara sepeda motor. Operasi ini berlangsung di enam titik strategis di Kota Lahat, dengan tujuan meningkatkan kesadaran berlalu lintas dan mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.

Operasi ini dilakukan di beberapa titik pengawasan E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement), yaitu:
1. Jalan menuju masuk Kota Lahat dari arah Muara Enim, tepatnya di Desa Ulak Lebar.
2. Simpang Empat Kejaksaan.
3. Depan GOR.
4. Simpang Stasiun.
5. Jalan masuk ke Kota Lahat dari arah Pagar Alam.
6. Jalan menuju masuk Kota Lahat dari arah Empat Lawang, tepatnya di Terminal Batay.

Kasatlantas Lahat AKP Agus Gunawan S.H., melalui Kasi Humas AKP Sugianto dan Kasubsi Penmas Aiptu Lispono, SH, mengungkapkan bahwa operasi ini menargetkan pengendara sepeda motor yang melakukan pelanggaran seperti tidak menggunakan helm, melawan arus, membawa penumpang lebih dari dua orang (bonceng tiga), dan menggunakan knalpot yang tidak sesuai spesifikasi (knalpot borong).

“Anggota kami melakukan hunting di sejumlah titik dan menemukan banyak pelanggaran seperti bonceng tiga, melawan arus, tidak menggunakan helm, dan penggunaan knalpot yang tidak sesuai spesifikasi. Anggota kami langsung melakukan penilangan di tempat,” ujar Aiptu Lispono.

Pada hari keempat Operasi Patuh Musi 2024, pengendara sepeda motor mendominasi pelanggaran yang ditindak. Pelanggaran yang paling sering terjadi adalah tidak menggunakan helm, melawan arus, dan penggunaan knalpot yang tidak sesuai spesifikasi.

Selain pengawasan melalui E-TLE, operasi ini juga melibatkan tindakan berupa teguran langsung dan penegakan hukum di lapangan. Kasatlantas Polres Lahat mengimbau masyarakat untuk mematuhi peraturan lalu lintas demi menekan angka kecelakaan di jalan raya.

“Kami berharap dengan adanya Operasi Patuh Musi 2024 ini, masyarakat dapat lebih sadar tentang pentingnya tertib berlalu lintas,” kata AKP Agus Gunawan.

Operasi Patuh Musi 2024 diharapkan dapat meningkatkan kesadaran berlalu lintas di kalangan masyarakat Kota Lahat dan sekitarnya. Dengan pendekatan yang lebih tegas namun edukatif, Satlantas Polres Lahat berkomitmen untuk menciptakan lingkungan berlalu lintas yang lebih aman dan tertib. (sm)