Paripurna DPRD Sumsel, Fraksi PAN Walk Out

RIMAUNEWS, PALEMBAMG–Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Sumsel mengambil sikap Walk Out pada Rapat Paripurna sidang ke XXV di Gedung DPRD Provinsi Sumsel. Senin(18/01/2021)

Sikap Walk Out yang dilakukan Fraksi PAN tersebut lantaran kesal karena Gubernur Sumsel H Herman Deru tidak hadir pada sidang paripurna tersebut.

Rapat paripurna dengan agenda penyampaian penjelasan badan pembentukan Perda terhadap dua raperda inisiatif DPRD Sumsel diwarnai banyak interupsi.

Setelah interupsi dari beberapa faksi tersebut, akhirnya rapat paripurna di skor selama 10 menit. Kemudian saat rapat kembali dilanjutkan fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) menyatakan Walk Out dari ruang sidang.

Sekretaris Fraksi PAN Sumsel, Juanda mengatakan. alasan pihaknya walkout dari ruang rapat sidang paripurna DPRD Sumsel itu, karena pihaknya menginginkan rapat tersebut di hadiri oleh Gubernur atau Wakil Gubernur Sumsel.

“Kita menginginkan rapat paripurna itu sesuai kesepakatan yang harus di hadiri oleh Gubernur atau Wakil Gubernur, karena itu sesuai dengan petunjuk teknis kita. Kalau di DPRD ketua atau wakil ketua yang hadir. Kalau tadi yang hadir itu bukan Gubernur atau Wakil Gubernur atau Sekda, malah Plt Asisten I,” katanya kepada wartawan,

Ditambahkannya, pihaknya sangat mendukung semua program-program Pemprov Sumsel, tapi dirinya meminta agar pihak eksekutif serius terhadap rapat paripurna dan saling menghargai.

“Jadi sebenarnya tidak serius, kami harap kalau soal pembahasan gubernur harus hadir, apalagi menyangkut inisiatif DPRD untuk pesantren, karena untuk masyarakat. Jadi tidak hadir itu bukan tidak setuju tapi setuju, cuma tolong pihak eksekutif saling menghargai,” ungkap Juanda.

Dikatakannya, pihaknya nanti akan membuat surat resmi kepada Gubernur Sumsel, kalau saat rapat harus dihadiri oleh Gubernur.

“Kalau ketentuannya yang hadir itu gubernur atau wakil gubernur, mungkin untuk yang darurat bisa diwakilkan oleh sekda, selama ini tidak kita persoalkan, tapi kalau Plt asisten yang hadir baru kejadian seperti ini,” tambahnya.

Sementara itu, Fraksi Partai Golkar, Hasbi Assidik berharap agar pihak eksekutif dapat menghargai, karena setiap rapat pembahasan pihaknya selalu menanyakan apakah Gubernur ada kegiatan, soalnya dalam 4 kali rapat paripurna sekalipun Gubernur belum pernah hadir. “Kami minta para eksekutif menyampaikan hal ini kepada pak gubernur,” harapnya.

Ditempat yang sama, Abusari juga mengatakan, bahwa dalam satu setengah tahun ini jarang sekali Gubernur maupun Wakil Gubernur menghadiri rapat paripurna. Jadi dirinya merasa dewan tidak dihargai.

“Saya yakin ketika teman eksekutif tidak hadir, saya rasa pihak eksekutif tidak menghargai paripurna ini,” katanya.(Don)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 komentar

  1. Hey There. I found your weblog using msn. This is a really smartly written article.
    I’ll make sure to bookmark it and come back
    to read extra of your useful info. Thanks for the post.
    I’ll certainly comeback. I saw similar here: Sklep

  2. Kado Bar presents a convenient and stylish disposable vape option, featuring a range of enticing flavors and a compact design for easy portability. Enjoy smooth draws and satisfying nicotine delivery with every puff.