Pelantikan Pengurus MPK, OSIS dan Ekskul di SMAN 16 Palembang, Kepala Sekolah SMAN 16 Palembang : Kita Tumbuhkan Semangat Kepada Siswa Untuk Hal Yang Positif

RIMAUNEWS.CO.ID, Palembang – SMA Negeri 16 Palembang menggelar pelantikan pengurus Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK), pengurus OSIS dan pengurus Ekskul bertempat dihalaman SMAN 16 Palembang, Sabtu (5/10/2024).

Kepala Sekolah SMAN 16 Palembang Dra. Hj. Ema Nurnisya Putri, M.M mengatakan kegiatan di SMAN 16 Palembang hari ini adalah pelantikan MPK, dan OSIS pengurus yang baru.

“Jadi tugas MPK ini lebih berat dari OSIS. Artinya MPK itu di sini mengawasi, dan mereka mengakomodir, mengadministrasikan kegiatan ekskul termasuk OSIS. Jadi disesuaikan dengan administrasi dan peraturan. Tugas mereka itu mengontrol kegiatan antar siswa. Dan hari ini sekaligus juga ada peresmian ekskul baru yaitu 4 pilar. Jadi mereka itu khusus belajar budi pekerti dan lain-lain. Awal kegiatannya pembukaan, kemudian ada laporan, ada sumpah dan ikrar siswa yang dilantik,” ujarnya.

“Untuk yang dilantik mereka ini adalah tugasnya yang mengontrol organisasi yang ada di sekolah. Jadi misalnya ekskul itu mereka yang mengontrol apakah ada teman-teman lain yang masuk ke sini tanpa diundang atau ada pihak luar yang datang. Serta manajemen administrasi dan seluruhnya kegiatan itu nanti kita berfokus pada administrasinya pada MPK itu. Artinya mereka berhak memutuskan misalnya ada anggota OSIS atau ekskul yang menurut mereka sudah keluar dari tata tertib, mereka dulu yang bermusyawarah baru nanti dilaporkan ke pembina OSIS,” bebernya.

Lebih lanjut Ema berharap akan tumbuhnya semangat baru. “Jadi yang kita takutkan selama ini misalnya ada siswa yang suka berantem suka tawuran dan kegiatan negatif, maka dengan adanya MPK dan OSIS ini mereka akan melakukan hal yang positif. Jadi anak-anak yang tidak punya kegiatan, dengan adanya MPK ini mereka terakomodir dan sama-sama membuat kegiatan yang positif,” tandasnya.

Sementara itu, Pembina OSIS SMAN 16 Palembang Andi Ilham mengatakan dengan adanya pengurus OSIS dan dengan ada MPK harapan dia selaku pembina OSIS itu yang paling spesifik akan meningkatkan hal-hal yang lebih baik lagi terutama disiplin itu sisi positif dan sisi setiap siswa.” Dari disiplin positif ini bagaimana budaya positif ini akan timbul pada setiap siswa dan siswi di SMA 16 ini,” ucapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pelantikan OSIS ini untuk pengurus tahun ajaran 2024 2005. Ada program 3 yang pertama menerapkan saling bersalaman antar siswa yang kami sebut 5S.

“Kemudian ada lagi yang kami buat lagi dan sudah di ACC Kepala sekolah yaitu Polisi Keamanan Sekolah. Jadi nanti kurang lebihnya banyak berkecimpung setiap pagi mengatur siswa-siswi yang lain membantu lalu lintas kalau dulu. Dan ketiga, ada jurnalistik yang segera kami lakukan. Alhamdulillah kepala sekolah men-support dan ACC kegiatan kami dan mudah-mudahan dapat berjalan dengan baik program yang kami buat,” bebernya.

“Pesan untuk pengurus yang baru tetap semangat dan jadikanlah suatu perubahan itu menjadi hal yang lebih baik lagi,” katanya.

Ditempat yang sama, Waka Kesiswaan Rusdi SH MSI mengatakan, kegiatan hari ini adalah salah satu kegiatan rutin dilaksanakan dan berdiri SMA 16 dari 2007. Tapi acara seperti ini dilakukan sejak tahun 2009.

“Jadi setiap tahun rutin dilaksanakan dari 2009 karena sebelumnya ada OSIS tapi pelantikan begitu saja. Sejak 2009 kita buat seperti ini. Jadi acara seperti ini pergantian kepengurusan baik OSIS, eskul kita laksanakan seperti ini setiap tahun,” tuturnya.

“Pesan kita pengurus baru OSIS, MPK ekskul lebih maju lagi. Karena program kita tahun ini atau setiap tahunnya meningkat berubah bukan berarti meninggalkan yang lama tapi ada perubahan sesuai dengan kebutuhan sekolah,” paparnya.

Rusdi menjelaskan, di SMAN 16 ini ada beragam ekskul, ada organisasi. Organisasi di atas OSIS ada Majelis Permusyawaratan Kelas yang barusan dibentuk. Kemudian ada OSIS kemudian ada Satgas Anti Narkoba dan untuk ekskul ada 18.

“Alhamdulillah ekskul kita setiap tahun membawa prestasi. Prestasi tahun ini, karate sudah mendapat 1 emas 2 perak 2 perunggu tingkat nasional Kapolri yang kita bawa. Tahun ini ada karate tingkat provinsi dapat 1 emas 2 perak 2 perunggu. Kita di bidang pelajaran baru-baru ini mendapatkan bahasa Inggris medali emas tingkat nasional. Jadi prestasinya sudah bisa dibanggakan. Kita bukan sekolah di tengah kota tapi prestasi kita tidak kalah dengan sekolah yang ada ditengah kota. Bahkan, siswa kita masuk Perguruan Tinggi tanpa tes lebih dari 148 siswa, dan ada juga yang diterima melalui jalur tes,” pungkasnya. (Yanti)