Pj Walikota Trisko Defriyansa Resmikan Masjid Darul Arqam Muhammadiyah

Bembi Perdana Siap Bantu Merehab Masjid Melalui Dana Aspirasi

 

RIMAUNEWS, Lubuklinggau – Pemerintah Kota Lubuklinggau bersama Pengurus Daerah Muhammadiyah dan disaksikan oleh Anggota DPRD Provinsi Sumsel terpilih Bembi Perdana, ST meresmikan Masjid Darul Arqam Kelurahan Sukajadi Kota Lubuklinggau, Jumat (19/7/2024) siang.

Setelah diresmikan, Masjid Darul Arqam bersama Pj Wali Kota Defriyansa bersama Pengurus Muhammadiyah dan Anggota DPRD Provinsi Sumsel terpilih Bembi Perdana Melakukan sholat berjamaah perdana di Masjid tersebut.

Hadir Pada peresmian Masjid Darul Arqam Pj Wali Kota Trisko Defriyansa, Pj Sekda H Tamri, Ketua PD Muhammadiyah, Anggota DPRD Sumsel terpilih Bembi Perdana bersama Pengurus masjid dan undangan.

Pj Wali Kota Lubuklinggau, Trisko Defriyansa seusai sholat Jum’at perdana mengatakan, hari ini hari Jum’at, hari yang sangat istimewa dalam agama Islam. “Alhamdulillah kami diundang dari pengurus masjid Darul Arqam Muhammadiyah dan juga diundang Pengurus Daerah Muhammadiyah Lubuklinggau, untuk kegiatan pelaksanaan silaturahmi bersama dengan jajaran pengurus Masjid dan pengurus Muhammadiyah Kota Lubuklinggau,” ucapnya.

Setelah itu dalam kegiatan ini dilakukan peresmian peningkatan status dari Mushola menjadi Masjid Darul Arqom Muhammadiyah.

“Kami sebagai pemerintah mengapresiasi, menyambut baik dengan perubahan status dari Mushola menjadi Masjid,” sambung Trisko.

Setelah itu, kalau sudah menjadi masjid artinya peribadatan dapat dilakukan, aktivitas sosial ke masyarakatan dan peribadatan dapat dilakukan dan dimulai dari pendidikan TK, TPA juga bisa diawali dari masjid.

Trisko mengimbau kepada pengurus, setelah diresmikan menjadi Masjid pengurus silakan melakukan pendaftaran ke Dewan Masjid, sebenarnya pendaftaran itu kan hanya administrasi negara, diresmikan pemakaiannya hari ini bersama PD Muhammadiyah dan Pemerintah Kota Lubuklinggau.

Ditempat yang sama Ketua PD Muhammadiyah Kota Lubuklinggau dr Mast Idris menyampaikan Jadi Alhamdulillah bulan puasa tahun yang lalu pada saat safari Ramadan, Pengurus Daerah Muhammadiyah Lubuklinggau pengurus mushola Darul Arqam ada wacana di Mushola ini, bahwa pengurus ingin menaikan status mushola menjadi Masjid, dikarenakan Mushola ini sudah berusia 40 Tahun semenjak berdirinya pada tahun 1987.

Melihat hal itu keinginan pengurus mushola bersama PD Muhammadiyah langsung mempunyai inisiatif mengumpulkan dana untuk merehab musholla, terkumpullah pada malam safari Ramadan sekitar 10 juta rupiah.

“Mushola ini harus menjadi Masjid, malam itu juga kita mengumpulkan uang untuk merehab musholla, terkumpul dana sekitar 10 juta,” beber Mast Idris menceritakan terbentuknya mushola menjadi masjid.

Diharapkan kedepan pemerintah Kota Lubuklinggau bisa membantu Masjid Darul Arqam yang sudah diresmikan tersebut dan juga meminta dukungan semua unsur terkait karena sangat positip untuk kemajuan kota Lubuklinggau.

“Masjidnya makmur, insya allah kedepan masyarakatnya madani, begitu harapan kita sebagai unsur PD Muhammadiyah,” ungkap Mast Idris mengakhiri wawancara kepada awak media.

Disisi lain Bembi Perdana ST anggota DPRD Provinsi Sumsel terpilih mengatakan tadi sudah kita simak bersama , peresmian Mushola Darul Arqam menjadi Masjid sudah diresmikan oleh Bapak Pj Wali Kota Trisko.

Kedepan nanti akan kita lihat di provinsi ada atau tidak anggaran untuk pembangunan masjid, minimal dana kegiatan aspirasi saya sebagai anggota DPRD Provinsi sumsel terpilih bisa membantu dan merehab masjid Darul Arqam yang sangat presentatif.

“Saya harapkan semoga Masjid ini dapat menjadi tempat beribadah yang nyaman sekaligus salah satu corong Syi’ar islam ditengah umat muslim yang ada di kelurahan sukajadi Kecamatan Lubuklinggau Barat II kota Lubuklinggau,” terangnya

Mohon doanya seluruh pihak untuk berjibaku mengembangkan atau merehab masjid ini kedepan akan terwujud, dan menjadi masjid makmur yang diidamkan oleh masyarkat Kelurahan Sukajadi, tutup anggota DPRD Sumsel dari PKS ini. (mil)