Polres Lubuklinggau Siapkan Pengamanan Jelang Debat Pilkada 2024

RIMAUNEWS.CO.ID, Lubuklinggau – Menjelang debat pasangan calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota dalam Pilkada Lubuklinggau 2024, Polres Lubuklinggau telah mempersiapkan langkah pengamanan yang matang.

Disela sela diskusi bersama Komunitas rekan Jurnalis Media Centre (JMC) Kapolres Lubuklinggau AKBP Bobby Kusumawardhana didampingi kasat Intel IPTU Baitul Ulum bersama Kasat Reskrim AKP Hendrawan, menyatakan bahwa persiapan dilakukan secara teknis dan taktis untuk memastikan kelancaran jalannya debat.

“Debat pertama dijadwalkan akan berlangsung pada 30 Oktober 2024 di Gedung Bagas Raya, Lubuklinggau,” ujar Kapolres, Selasa (15/10/2024).

Namun, rincian terkait waktu dan teknis pelaksanaannya masih akan dibahas lebih lanjut dalam rapat koordinasi (Rakor) tiga hari sebelum debat. Termasuk juga pembahasan untuk debat kedua yang akan menyusul.

AKBP Bobby menegaskan bahwa pihaknya tidak hanya fokus pada pengamanan selama debat, tetapi juga setelahnya, hingga seluruh simpatisan Paslon pulang ke tempat masing-masing.

“Pengamanan akan lebih intensif, terutama jumlah personel yang diturunkan akan lebih banyak. Kami ingin memastikan acara berlangsung tertib, tanpa gangguan dari para pendukung Paslon,” jelasnya.

Kapolres juga mengimbau kepada para pendukung Paslon untuk tidak mengganggu jalannya debat. Hal ini disampaikan dalam beberapa kesempatan silaturahmi antara pihak kepolisian dengan para Paslon dan pendukungnya.

“Imbauan kami jelas, jaga keamanan dan ketertiban. Kami akan berkoordinasi dengan Bawaslu terkait pelanggaran atau tindak pidana pemilu, dan kami tak segan bertindak tegas jika diperlukan,” tutup Kapolres. (mil)