Semangat Hari Kemerdekaan Menjadi Motivasi Bangkitnya Sumsel dari Pandemi

Gubernur Herman Deru Irup Upacara HUT RI Ke 76

RIMAUNEWS, PALEMBANG – Meski masih dalam suasana pandemi Covid 19, peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-76 tahun 2021 di lingkungan Pemprov Sumsel berlangsung khidmat dan lancar. Dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat peringatan detik-detik proklamasi yang dipusatkan di Griya Agung Palembang, Selasa (17/8) dipimpin Gubernur Sumsel H. Herman Deru sebagai Inspektur Upacara.

Peringatan HUT Proklamasi itu dimulai dengan pengibaran sang saka merah putih oleh pasukan pengibar bendera  Provinsi Sumatera Selatan. Dilanjutkan dengan pembacaan teks Undang-Undang Dasar 1945 oleh Ketua DPRD Provinsi Sumsel Hj. R.A. Anita Noeringhati.

Adapun yang bertindak selaku Komandan Upacara adalah Letnan Kolonel Infanteri Andi Irawan, S.H. Lahir di Jakarta pada 26 Januari 1980 dengan jabatan sehari-hari sebagai Komandan Batalyon Infanteri Raider 200/Bhakti Negara Kodam II Sriwijaya.

Sementara itu petugas pengibar bendera masing-masing yakni I Nyoman Ananta Sumanta pelajar asal SMAN I Belitang, M. Ally Rega pelajar asal SMAN 2 OKU, serta Itto Bayhaqi asal SMAN 3 Kota Pagaralam. Sedangkan pembawa baki adalah Ghefira Nur Fatimah asal SMAN 2 OKU.

Usai upacara peringatan hari Kemerdekaan RI ke-76, Gubernur Sumsel H. Herman Deru melalui Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya (HDMY) mengatakan, semangat hari kemerdekaan ini hendaknya menjadi motivasi bersama untuk segera bangkit dan lepas dari Pandemi Covid.

” Untuk itu mari kita bersama menjalankan apa yang menjadi arahan pemerintah yakni menjalankan PPKM dengan sebaik-baiknya. Serta menjaga kedisiplinan dalam menerapkan prokes,” ujar Mawardi.

Menurut Mawardi motivasi ini perlu digerakkan secara bersama dengan kekompakan. Sehingga Sumsel bisa segera lepas dari Covid dan beraktivitas seperti sediakala.

Untuk itu Ia mengajak semua masyarakat mentaati anjuran Presiden untuk menjalankan PPKM serta mengubah beberapa kebiasaan untuk kepentingan bersama. Seperti menjaga jarak, menghindari kerumunan dan selalu disiplin mengenakan masker.

” Ini adalah tahun kedua kita memperingati HUT Kemerdekaan dalam suasana pandemi. Semoga semangat ini menjadikan kita lebih kuat dan tangguh,” tambah Mawardi.

Dalam kesempatan itu Mawardi juga tak lupa mengapresiasi pasukan pengibar bendera Provinsi Sumsel yang sukses melaksanakan tugasnya.

“Selamat kepada adik-adik, meski dalam suasana pandemi mereka tetap semangat menjalankan tugasnya dengan baik. Ini luar biasa sekali,” ujar  Mawardi.

Usai digelarnya upacara di halaman Griya Agung,  sekitar pukul 10.00 Wib

Wakil Gubernur  Sumsel H Mawardi Yahya  dan Forkopimda Sumsel

menghadiri upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke-76 tahun 2021 yang digelar di istana negara Jakarta secara virtual dengan irup Presiden RI Joko Widodo.

“Upacara yang kita lakukan ini baik secara langsung maupun virtual berjalan dengan baik. Meski di tengah pandemi covid-19 ini, kita masih tetap bisa melaksanakannya,” kata Mawardi, usai upacara tersebut.

Hadir dalam kesempatan tersebut. Pangdam II Sriwijaya,  Mayjen TNI Agus Suhardi, Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri, Kajati Sumsel Drs M Rum, SH, MH, Ketua Pengadilan Tinggi Sumsel Dr. H. Kresna Menon SH. M.Hum, Danrem 044 Gapo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji S.I.P., S.Sos. Danlanal Palembang

Kolonel Laut (P) Filda Malari, Danlanud SMH Palembang Kolonel Pnb Hermawan Widhianto, S.E., M.M, Plh Sekda Provinsi Sumsel Dr. H. Akhmad Najib, SH, M.Hum dan sejumlah kepala instansi lainnya serta Kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumsel.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 komentar

  1. Meilleure application de contrôle parental pour protéger vos enfants – Moniteur secrètement secret GPS, SMS, appels, WhatsApp, Facebook, localisation. Vous pouvez surveiller à distance les activités du téléphone mobile après le téléchargement et installer l’apk sur le téléphone cible.