Sinergi Pemprov dan ORARI Babel, Rakerda dan IOTA 7E4C 2024 Sukses

RIMAUNEWS, Babel – Hadiri Pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Prov. Kep. Babel), Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Sudarman sampaikan dukungan dan harapan Pemerintah Prov. Kep. Babel.

Ditemui di sela-sela Rakerda yang dilaksanakan di Pulau Ketawai, Desa Kurau Kabupaten Bangka Tengah, Sabtu, (27/08/2024), Sudarman mengatakan kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang juga melibatkan sejumlah pihak, selain insan amatir radio, juga hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah perwakilan awak media nasional hingga internasional.

Dirinyapun bersyukur, sebagai wujud sinergi komunikasi yang baik, Rakerda ORARI di Babel dapat terlaksana.

Lebih lanjut ia menjelaskan, agenda yang memang rutin dilaksanakan tersebut bertujuan untuk menghasilkan program kerja kedepan, serta memperbaiki dan mengevaluasi apa yang kurang pada pragram sebelumnya.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh pengurus ORARI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sehingga sinergi dan kolaborasi ini terus dapat bermanfaat, seperti simbiosisi mutualisme,” ungkapnya.

Dalam kerja-kerja kedepan, Sudarman mengharapkan ORARI akan terus saling bersinergi dengan elemen terkait di Pemerintah Prov. Kep. Babel, salah satunya membantu dalam komunikasi disaat-saat darurat.

“Yang sudah-sudah komunikasi darurat sangat membantu, mudah-mudahan ke depannya lebih mantap lagi,” tegasnya.

IOTA 7E4C, Kegiatan Bertaraf Internasional dari Babel

Albert Suhayan, Ketua panitia pelaksana kegiatan, pada kesempatan yang sama menjelaskan, selain agenda utama Rakerda 2024, kegiatan ini juga dalam rangka melaksanakan kontes dunia amatir radio terbesar yang juga sebagai perayaan HUT ke-60 IOTA (Island On The Air), kegiatan yang banyak melibatkan anggota amatir radio se-Indonesia maupun dunia.

Kegiatan bertajuk IOTA 7E4C tersebut mempertemukan para anggota amatir radio di udara, berlomba melakukan ekspedisi udara dengan menjangkau serta mengontak sebanyak banyaknya stasiun amatir radio di banyak pulau lain.

“Kegiatan ini berlangsung sejak hari jumat sampai dengan senin pagi (26-29 Juli 2024). Hanya saja untuk kontes break waktu berlansungnya 24 jam mulai malam ini (sabtu) jam 7 sampai dengan besok malam (minggu) jam 7,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, dalam rangkaian kegiatan ini juga terdapat sosialisasi izin khusus untuk Special Event Station (SES) dengan pemateri dari pengurus ORARI pusat.

Bimbingan Teknis pemakaian satelit dalam komunikasi juga dilaksanakan sebagai bentuk kegiatan baru dengan maksud agar ke depannya komunikasi amatir radio dapat terus berkembang.

“Makanya mereka (peserta) harus bisa belajar membaca aplikasi, termasuk kapan lintasan yang akan dilakukan oleh satelit-satelit di pulau kita,” jelasnya.

Yang terakhir, pertemuan tersebut juga sebagai ajang bagi para anggota untuk saling memberi informasi. Harapannya terjalin hubungan lebih erat antar anggota, baik pengurus lokal daerah dan pengurus pusat.

“Kami juga sangat berterima kasih atas sambutan dari Pj Gubernur Babel, Bupati Bangka Tengah dan support-support dinas dan instansi pemerintah. Kami berharap kegitan ini bisa membina hubungan kembali antara semua element ORARI yang ada di Bangka Belitung maupun dari Pusat,” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini juga dihadiri Special Guest, tamu-tamu operator yang sudah mendunia serta bergelar juara dunia amatir radio seperti Anton Irawan yang berasal dari Pekan Baru. Kegiatan inipun menyiapkan 7 station yang akan mengudara di frekuensi kanal internasional yang ramai diminati, sejak tadi malam ungkapnya, tercatat di atas 1.000 station dari luar negeri yang juga turut berpartisipasi. (ril)