Temukan Pedagang Nakal, Pj Wali Kota Palembang Sidak Pasar Tradisional

RIMAUNEWS.CO.ID, Palembang – Penjabat (Pj) Wali Kota Palembang Abdul Rauf Damenta bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang,Selasa (8/10/2024) melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar Sekip Ujung Kecamatan Kemuning Palembang.

Sidak yang dilakukan saat para pedagang baru menggelar lapak dagangan pukul 06.00 Wib pagi ini, Damenta terlihat berbincang dengan sejumlah pedagang ,terutama komoditas ayam potong yang mengalami kenaikan harga.

“Kita ingin mengecek kestabilan harga, terutama cabai fluktatif, naik turun dan ayam yang saat ini harganya masih stabil,” kata Damenta.

Dari hasil sidak itu, katanya ditemukan adanya pedagang ayam yang bermain diharga yang mengatas namakan pemerintah, dan menaikan harga berkisaran di harga Rp 34 ribu/ kg.

“Pedagang menaikan harga kisaran Rp 34 ribu ini mengaku menaikan harga itu berdasarkan ederan resmi pemrintah, padahal itu tidak benar,” tegasnya.

Adanya tidak kewajaran dari beberapa pedagang yang menaikan harga tidak wajar ini, Damenta langsung mengecek tabel resmi edaran harga sembako termasuk harga ayam potong tersebut.

“Harga  ayam potong itu kisaran di Rp 31 ribu/kg, kalau Rp 34 ribu artinya ada permaianan pedagang yang menaikan sendiri,” tegasnya.

Damenta meminta OPD terkait dan PD Pasar Palembang Jaya untuk melalukan penyelidikan adanya pedagang yang nakal menaikan harga tersebut.

“Kita minta ini dilakukan penelusuran, kalau ada pedagang seperti ini kita minta PD Pasar untuk memberikan peringatan dan bila perlu sangsi yang berlaku,” tegasnya. (Ril)