Netralitas TNI Harga Mati: Danrem 044/Gapo Pastikan Kesiapan Personel untuk Pilkada Serentak 2024

RIMAUNEWS.CO.ID, Lubuklinggau – Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Muhammad Thohir jelang Pilkada serentak melaksanakan pengecekan kesiapan personel TNI dalam pengamanan. Salah satunya kesiapan personel TNI di Kota Lubuklinggau, Musi Rawas dan Muratara.

“Saya sengaja datang dari Palembang untuk mengecek kesiapan personel pengamanan Pilkada serentak di wilayah Kota Lubuklinggau, Musi Rawas dan Muratara,” kata Danrem pada Rabu, 25 September 2024 usai apel kesiapan personel di lapangan eks Kompi Lubuklinggau.

Ia menegaskan, hal ini menjadi atensi karena Pilkada tahun 2024 agak berbeda dengan sebelum-sebelumnya. Sebab tahun ini menurutnya dilaksanakan secara serentak.

“Berarti kalau dilaksanakan secara serentak, personel yang melaksanakan pengamanan pun itu digelar bersama-sama,” ujarnya.

Thohir meyakikan bahwa personel TNI yang akan melaksanakan pengamanan Pilkada di wilayah Kota Lubuklinggau, Musi Rawas dan Muratara memang terdeploit dengan cukup.

Mengenai jumlah personel yang diturunkan dalam pengamanan Pilkada untuk 3 wilayah, Thohir menjelaskan ada 530 personel. Kemudian untuk personel Polri di Lubuklinggau sebanyak 300 personel.

“Kalau seluruh wilayah, kebetulan kita menggelar personel kan ini 17 kabupaten kota untuk jajaran Korem Gapo, kita ada menggelar 3.400 personel kita gelar. Baik pasukan yang di deploit di Kodim termasuk personel dan jajaran yang lain,” timpalnya.

Lebih lanjut soal netralitas anggota TNI di Pilkada, Thohir menegaskan bahwa netralitas harga mati.

“Tidak usah kotak-katik lagi. Terutama para kontestan Pemilukada tidak usah lagi tarik-tarik TNI Polri, karena pada prinsipnya kami akan berada pada posisi dan jarak yang sama dengan seluruh kontestan. Kita netral, baik dalam masa persiapan maupun pada saat pelaksanaan maupun pasca pelaksanaan Pilkada,” pungkasnya. (Mil)