RUPS PT Sumsel Energi Gemilang, Wagub Sumsel: Belum Puas Dengan Keuntungan

RIMAUNEWS, Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya belum merasa puas dengan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahunan PT. Sumsel Energi Gemilang Perseroda (Perusahaan Perseroan Daerah) tahun buku 2022 yang dilaksanakan di Hotel Swarna Dwipa, Selasa (20/06/2023).

Menurutnya, belum puasnya dikarenakan keuntungan terlalu sedikit yang telah didapatkan.

“Ada untung tapi masih sedikit, ada laba tapi belum maksimal,” jelas Mawardi.

Harapan kita segera ada beberapa yang dapat di kelola di beberapa tempat nantinya partisipasi lebih cepat dilakukan kerjasama dengan perusahaan daerah kabupaten kota.

Termasuk anak perusahaan harus di kontrol harus bagaiman keuntungan perusahaan bisa Maximal, ucap Mawardi.

Sementara itu, Direktur utama PT. Sumsel Energi Gemilang Wahyu Setiaji mengatakan apa yang dimaksud ucapan Wagub Sumsel Mawardi yang merasa belum puas itu hanya untuk Motivasi kita.

Pak Wagub hanya memotivasi kita untuk jangan pernah nerasa puas, kita sudah lari tapi harus lebih kencang lagi, katanya.

Kita anggap ini sebagai tantangan, dengan direksi yang sekarang, karyawan dan pemegang saham yang demikian support-nya.

“Saya optimis tidak ada yang lebih mudah, tapi tidak ada yang tidak mungkin,” jelasnya

Menurut Wahyu Setiaji, tahun lalu keuntungan 300 juta, namun sekarang menjadi 6,6 miliar dan yang terpenting adalah konsolidasi yang dilakukan oleh internal dan Pemanfaatan tenaga kerja internal sangat luar biasa, katanya.

Ditempat yang sama, Komisaris PT. Sumsel Energi Gemilang Arwin Alwansyah menambahkan, Kita memiliki hak partisipasi interest yang sudah dipercayakan kepada Sumsel untuk mengurus itu dibutuhkan waktu yang cukup panjang 5 sampai 10 tahun, apa yang dimaksud Wakil Gubernur Sumsel memang belum tercapai karena adanya regulasi yang membatasi, tapi jika berdasarkan target kita sudah melampaui 101% dari target rkp.

“Artinya dari tahun lalu meningkatnya jauh, dari segi penghematan efisiensi rkp 25 miliar kami berhasil menghemat sampai 17 miliar, ini upaya yang kita lakukan termasuk beban asuransi dan lainnya,” Tuturnya.

Pihaknya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan para pemegang saham yang telah mempercayakan kembali untuk melanjutkan kepengurusan PT. Sumsel Energi Gemilang selama 4 tahun ke depan.

“Saya tegaskan lagi, pendapatan di tahun 2021 itu 300 juta dan di tahun ini menjadi 6,6 miliar, artinya peningkatannya signifikan tapi belum memuaskan karena kita ada 13 wilayah kerja yang dikelola. Kita didorong pak Wagub supaya ekstra keras mengerjakannya karena memang dari ph 100 persen ini, 50 persen akan masuk ke pemprov dan 50 persennya berbagi dengan Kabupaten/Kota penghasil,” pungkasnya