Tiga Program Unggulan Ilyas Endang Dinilai Lebih Meyakinkan,Survei IRC: Ilyas Endang Unggul

RIMAUNEWS, PALEMBANG- Indonesia Research and Consulting (IRC) merilis hasil survei Pilkada Ogan Ilir Minggu, ( 6 Desember 2020)

Direktur survei IRC Ahmad Yadi dalam pres releasenya mengatakan “dari survei yang kami lakukan kurang lebih 1 minggu yakni tanggal 27 November sampai dengan 3 Desember 2020, Pasangan Nomor Urut Ilyas Endang unggul cukup jauh dari pasangan nomor urut 2 Panca-Ardhani. Baik dalam simulasi terbuka (spontan) maupun secara simulasi menggunakan kertas surat suara”

Dalam simulasi terbuka (pertanyaan spontan) Elektabilitas pasangan urut 2 Ilyas-Endang meraih 50,1% selisih 17,3% dari pasangan calon urut 1 Panca Ardhani yang hanya dipilih sebesar 32,7%. Sementara pemilih yang belum menentukan pilihan 17,2%.

Begitupun dalam simulasi langsung menggunakan kertas suara, Elektabilitas pasangan urut 2 Ilyas Endang juga unggul 51,75% sementara Pasangan urut 1 Panca Ardhani hanya meraih 36,50%. sedangkan pemilih yang belum menentukan pilihan sebesar 11,75.

Lebih lanjut Ahmad Yadi mengungkapkan, dari temuan data ada beberapa factor alasan yang membuat unggulnya elektabilitas pasangan urut 2 Ilyas Endang dari pasangan urut 1 Panca Ardhani antara lain karena pasangan Ilyas Endang dianggap sudah berpengalaman dipemerintah, perhatian pada rakyat, sering turun kebawah. Selain dari itu juga 3 program unggulan pasangan ini dinilai lebih nyata. Sedangkan pemilih pasangan urut 1 Panca Ardhani beralasan karena calon Bupatinya dianggap seperti bapaknya (Mawardi Efek.

Pilkada Ogan Ilir tinggal menghitung hari, dari data survei ini selisih 17%, sangat kecil peluang pasangan calon urut 1 mengejar ketertinggalan angka tersebut. Tutup Ahmad Yadi
Metodologi Survei : mulit-stage random sampling, dengan Tingkat Kepercayaan confidence level sebesar 95 persen. Sedangkan rentan margin of error sebesar 4,5 persen

Proses pengumpulan data dilaksanakan pada tanggal 27 November sampai 3 Desember 2020 menggunakan kuesioner terstruktur dan mendalam terhadap 600 orang Responden yang tersebar di 16 Kecamatan.

Mutu Kualitas Survei : dilakukan secara ketat dengan melakukan Monitoring via telpon terhadap responden dan langsung kroschek ulang dilapangan menemui responden yang sudah diwawancara surveyor

Tujuan dari Survei ini untuk melihat persepsi publik menjelang Pilkada 9 Desember 2020 di Kabupaten Ogan Ilir yang sedang berlangsung, sekaligus mengukur bagaimana peta peluang pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Ogan Ilir yang berpeluang Menang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *