273 Warga Binaan Lapas Lubuklinggau Terdaftar di DPS Pilkada

RIMAUNEWS.CO.ID, Lubuklinggau – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Lubuklinggau mengatakan ada 2 TPS khusus untuk Pilkada 2024 baik pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota maupun Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel.

Kepala Lapas Kelas IIA Lubuklinggau Hamdi Hasibuan melalui Kasubsi Registrasi Lapas Kelas IIA Lubuklinggau, Bimo Gustu mengatakan terkait dengan Pilkada pihaknya sudah berkoordinasi dengan KPU (Komisi Pemilihan Umum) Lubuklinggau. Hasil koordinasi tersebut, pihak KPU sudah ke Lapas untuk penggalian data terkait mata pilih.

“Pilkada, kemarin kami sudah koordinasi dengan KPU. Dan KPU sudah ke Lapas untuk penggalian data terkait mata pilih,” kata Bimo Gustu.

Bimo menjelaskan, pelaksanaan Pilkada tahun ini ada 2 pemilihan yakni untuk pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Lubuklinggau dengan pemilihan Gubernur Sumatera Selatan.

Total menurutnya, terdapat 660 daftar pemilih sementara (DPS) untuk calon pemilih Gubernur. Sedangkan calon pemilih Wali Kota dan Wakil Wali Kota Lubuklinggau 273 DPS.

“Yang tidak memilih ada karena mereka dari luar Sumsel dan ada pula yang NIK nya tidak ada, sebab dicari tapi ada 2 NIK,” ujarnya.

Bimo menambahkan, jumlah DPS di Lapas Lubuklinggau bisa bertambah dan bisa juga berkurang. “Untuk DPS artinya masih bisa bertambah dan masih bisa berkurang. Kalau berkurang semisal ada DPS yang bebas, langsung kita laporkan ke KPU. Jadi mata pilihnya langsung ganti ke tempat asal mereka,” terangnya.

Jadi tambah Bimo, untuk di Lapas Lubuklinggau terdapat 2 TPS khusus. Kemudian menurutnya, untuk sistem pelaksanaan sama seperti pemilu kemarin.

“Jadi sistemnya seperti Pemilu kemarin juga disini,” pungkasnya. (Mil)