Satu Ekor Harimau Masuk Perangkap BKSDA

RIMAUNEWS, Muara Enim | Satu ekor harimau Sumatera liar berhasil ditangkap pada hari Selasa (21/1) sekitar pukul 09.00 WIB di area kebun kopi milik warga Desa Pelakat Kecamatan Semende Darat Ulu (SDU) Kabupaten Muara Enim.

Diduga tertangkapnya harimau tersebut dengan cara masuk ke dalam kotak perangkap (box trap) yang dipasang beberapa hari sebelumnya oleh petugas BKSDA.

Menurut informasi, dari kegiatan pengecekan rutin oleh tim satuan tugas (satgas) atas box trap yang terpasang dari jarak 100 meter dari jalan raya itu ditemukan satu ekor harimau dewasa di area kebun kopi milik warga Desa Pelakat Kecamatan SDU Kabupaten Muara Enim.

Tim satgas yang dipimpin Danramil 06 Semendo, Kapten Inf Afrijal beserta 4 orang Babinsa dan 1 orang anggota unit intel petugas BKSDA dan petugas kehutanan segera melaksanakan evakuasi dengan cara menutup box trap.

Dengan ditutup  menggunakan terpal dan dengan bantuan warga setempat, petugas mengangkat box trap ke atas kendaraan sesuai petunjuk dari BKSDA untuk dibawa ke Palembang.

Dari keterangan, Hewan buas harimau dewasa yang tertangkap itu ukuran panjangnya sekitar 2 m dan tinggi 1 meter.  Diperkirakan harimau yang tertangkap merupakan hewan yang selama ini meresahkan masyarakat di wilayah Semendo. Kegiatan evakuasi dari lokasi sampai dinaikkan kendaraan  berjalan dengan aman dan dievakuasi menuju Posko Satgas di Desa Pulau Panggung Kecamatan Semende Darat Laut.

Dikonfirmasi, Kepala Desa Fajar Bulan Kecamatan SDU, Herliadi membenarkan informasi tertangkapnya satu ekor harimau tersebut. “Memang benar tetapi tertangkapnya di Desa Plakat Kecamatan SDU dan harimaunya sudah dievakusi oleh petugas yang berwenang,” kata Herliadi. (Kurniawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *