Covid-19 Varian India, Herman Deru: Ibadah Sebisanya di Rumah Saja

RIMAUNEWS, PALEMBANG – Covid-19 varian B1617 asal India telah ditemukan di Sumatera Selatan. Hal ini dibenarkan Gubernur Sumsel Herman Deru yang meminta masyarakat tetap tenang dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Belum ada laporan yang jelas tentang ada gejala apa setelah observasi ini. Saya mau tau dulu apa perbedaannya dengan Covid-19 . Jangan kita riuh di luar tapi ternyata biasa saja atau justru di bawah COVID-19 umumnya atau lebih bahaya,” ujar Gubernur Sumsel Herman Deru, Selasa (11/5/2021).

Meski demikian, Deru mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan tidak berkerumun. Sekaligus menyarankan masyarakat untuk melakukan ibadah sehat jelang hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah nanti.

“Prokes tetap yang utama. Patuhi aturan pemerintah ini, tahan dulu untuk melakukan aktifitas, saya menyarankan untuk melakukan lebaran sehat. Semua kegiatan ibadah sebisanya di rumah saja,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Fery Yanuar mengatakan, terdapat empat spesimen sampel yang terdeteksi sebagai varian baru virus corona asal India tersebut.

Saat ini telah dikirim ke Litbangkes Jakarta oleh BBLK Palembang pada 14 dan 15 Januari 2021 dan RSUP Dr Muhammad Hoesin pada 8 dan 12 Januari 2021. “Empat orang yang terpapar varian baru ini sudah sembuh. Asalnya dari Prabumulih, Palembang, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dan Muara Enim,” ujar Fery.

Menurutnya, dari keempat kasus tersebut satu di antaranya yakni orang yang melakukan isolasi mandiri usai dinyatakan tertular. Sementara, tiga sisanya dirawat di RSUD Dr Muhammad Hoesin Palembang. “Saat ini kami sedang melengkapi laporan dari kabupaten/kota di Sumsel,” katanya. (Don)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar