Herman Deru: Pancasila Adalah Cerminan Sikap Berbangsa dan Bernegara

RIMAUNEWS, PALEMBANG –  Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru mengikuti peringatan hari lahir Pancasila tahun 2021 bersama Presiden RI, Joko Widodo secara virtual di Griya Agung Palembang, Selasa (1/6/21) pagi.

Dalam sambutannya, Presiden RI, Jokowi mengatakan, peringatan hari lahir Pancasila menjadi momentum meningkatkan rivalitas dalam berbagai aspek.

Menurutnya, diperlukannya cara baru, dan luar biasa dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan serta teknologi sehingga tetap bisa bersaing di era industri 4.0 saat ini.

“Pancasila harus menjadi dasar pengembangan teknologi. Menyentuh semua aspek untuk kemajuan bersama,” ujarnya.

Tak hanya itu, Jokowi menjelaskan, salah satu upaya yang harus dilakukan untuk mewujudkan persatuan, dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila, sehingga terwujudnya Indonesia yang maju dan kokoh.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, di hari peringatan Pancasila tahun ini Ia turut mengajak jajarannya terlibat sebagai upaya menanamkan jiwa kepancasilaan serta, membentengi keutuhan melalui keberagaam yang ada.

“Perbedaan itu hendaknya menjadi  perajut kebersamaan. Apalagi Sumsel sangat beragam bahasa dan adatnya, ini harus dimaksimalkan agar terciptanya kedamaian,” ujarnya.

Herman Deru menilai, membentengi diri dengan nilai-nilai Pancasila saat ini sangat diperlukan dalam kehidupan berbangsa. Sehingga, dari keberagam tersebut akan terwujud kedamaian di tengah perbedaan.

“Mari membentengi diri dengan nilai Pancasila. Pencasila itu bukan cerminan kata atau tulisan saja, namun merupakan cerminan sikap,” tegasnya.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar

News Feed