Menhub dan Kepala BNPB Pusat  Puji Keseriusan Sumsel Turunkan Angka Penyebaran Covid 19

RIMAUNEWS, PALEMBANG – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo memuji keseriusan satgas penanggulangan covid-19 Sumsel yang dikomandoi Gubernur Sumsel H Herman Deru.

Sebab, kerja kolaborasi yang dilakukan berbagai pihak tersebut menuai hasil positif. Dimana angka penyebaran covid-19 yang sebelumnya cukup mengkhawatirkan kini dapat ditekan. Termasuk juga angka Bed Occupansi Ratio (BOR) yang kurang lebih tiga pekan lalu diatas 60 persen, mumpu ditekan hingga 42 persen.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut, penurunan angka penyebaran covid 19 dan BOR tersebut membuktikan satgas di Sumsel terus konsen dalam menekan laju perkembang covid-19.

“Kita mengapresiasi upaya yang dilakukan satgas di Sumsel ini. Kita melakukan pengawasan karena sebelumnya Sumsel ini mengalami kecenderungan kenaikan penyebaran. Tapi berkat kerja keras bersama, kita mampu menurunkan angka tersebut,” kata Budi, saat meninjau langsung pelayanan antigen gratis kepada penumpang dan pengemudi angkutan di terminan Alang-Alang Lebar, Palembang, Sabtu (22/5).

Dia mengajak, agar upaya pencegahan penyebaran covid-19 tersebut terus dilakukan dan diperketat.

“Apalagi setelah libur hari raya ini. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, setelah libur panjang biasanya ada kenaikan. Untuk itu, kita harus tetap bekerjasama dan tetap tegas,” tuturnya.

Termasuk juga memasifkan random testing atau pengetesan acak covid-19 baik kepada penumpang maupun pengemudi angkutan.

“Random testing covid 19 ini harus dilakukan dengan baik sebagai upaya pencegahan. Langkah ini akan membuat penumpang dan pengemudi angkutan ini tahu jika kondisi tidak sehat, mereka belum bisa melakukan perjalanan. Ini sebagai edukasi agar masyarakat disiplin. Mudah-mudahan Sumsel dapat menjadi kontributor untuk pencegahan penyebaran covid 19 secara nasional,” terangnya.

Ditempat yang sama, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo mengatakan, kolaborasi semua pihak yang tergabung dalam satgas penanganan covid 19 di Sumsel sangat baik.

“Sekitar tiga minggu lalu, kami khawatir tingginya angka peningkatan covid 19 di Sumsel. Lalu ditemukan juga varian baru covid 19. Tapi setelah adanya langkah yang dilakukan satgas, kita lihat, angka BOR di Sumsel turun signifikan dan saat ini 42 persen. Ini hasil yang sangat baik,” katanya.

Kendati upaya tersebut telah menunjukkan hasil yang patut diapresiasi, namun dia menekankan agar satgas tidak terlena. Sebab, saat ini masyarakat masih masih ramai melakukan arus balik pasca lebaran.

“Instruksi presiden, situasi ini tolong dijaga terus, tidak boleh kendor dan jangan sampai lengah. Kerjasama juga terus erat. Biasanya ada kenaikan setelah libur panjang ini,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, satgas nasional akan terus memantau perkembangan covid 19 pasca libur panjang ini.

“Jika mengalami kenaikan tentu kita harus waspada. Siapkan tempat isolasi, rumah sakit dan perlengkapan lainnya. Namun jika sampai petengahan bulan Juni nanti tetap stabil, kita bisa tenang,” paparnya.

Dia juga menargetkan, agar daerah dapat serendah mungkin menekan angka penyebaran covid 19 pasca libur panjang ini.

“Berkaca dari tahun lalu, pasca lebaran penyebaran covid 19 naik sampai 119 persen. Untuk tahun ini kita harapkan serendah mungkin dapat ditekan. Upaya ini dilakukan agar tidak terjadi teori pingpong. Saat ini pulau Sumatera dan lainnya merupakan zona merah dan orange, jangan sampai pulau Jawa yang sudah rendah ini kembali tinggi penyebarannya karena arus balik. Ini harus kita jaga bersama,” terangnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Herman Deru mengatakan, satgas covid 19 di Sumsel akan terus bertekad untuk menekan angka penyebaran covid 19 ini.

“Kita telah bertekad untuk menekan angka covid 19 di Sumsel ini. Kita juga berterima kasih Menhub dan BNPB. Bahkan sebelumnya Mendagri yang memberikan perhatiannya.

Kunjungan para Menteri ini bukan hanya sekedar meninjau tapi juga memberikan bantuan untuk pencegahan covid 19 ini,” tegas Herman Deru.

Dia mengakui, sebelumnya sempat khawatir dengan tren peningkatan covid 19 di Sumsel.

“Namun karena adanya kerjasama yang baik, Sumsel mampu menurunkan angka penyebaran covid 19 di Sumsel ini. Ini juga didukung oleh masyarakatnya yang sadar akan protokol kesehatan,” ucapnya.

“Mudah-mudahan dengan sinergitas dan kolaborasi ini, masyarakat semakin disiplin prokes,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 komentar

News Feed